7 Manfaat Pasak Bumi, Bukan Hanya untuk Obat Kuat


Banyak orang percaya bahwa pasak bumi atau tongkat ali adalah tanaman herbal yang mampu meningkatkan stamina saat bercinta. Ya, tanaman ini memang dikenal sebagai obat kuat yang ampuh.


Bahkan, tanaman tersebut telah digunakan sebagai bagian dari pengobatan herbal di Asia Tenggara selama ribuan tahun.


Sebenarnya, apakah pasak bumi itu? Melansir laman Healthline, pasak bumi adalah suplemen herbal yang berasal dari akar pohon semak hijau Eurycoma longifolia, yang merupakan tanaman asli Asia Tenggara.

Tanaman tersebut kerap digunakan dalam pengobatan tradisional di Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan negara-negara Asia lainnya untuk mengobati malaria, infeksi, demam, infertilitas pria, dan disfungsi ereksi.


Pasak bumi dinilai mengandung berbagai manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid, alkaloid, dan senyawa lain yang bertindak sebagai antioksidan.


Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas.


Biasanya, pasak bumi dikonsumsi dalam bentuk pil yang mengandung ekstrak ramuan atau sebagai bagian dari minuman herbal.

Manfat kesehatan pasak bumi

Melansir Hello Sehat, berikut manfaat kesehatan pasak bumi:


1. Mengatasi disfungsi seksual

Riset yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine telah membuktikan manfaat pasak bumi dalam mengatasi disfungsi seksual. Pada studi tersebut, ditemukan kalau sebanyak 109 pria yang menjadi respondennya terbukti mengalami peningkatan gairah seksual, masalah impotensi teratasi, jumlah air mani, dan kualitas sperma semakin baik.


2. Mengatasi masalah kesuburan

Riset 2010 dalam Asian Journal of Andrology telah membuktikannya. Riset tersebut membuktikan bahwa konsusmi 200 miligram ekstrak pasak bumi selama 3 hingga 9 bulan membantu mengatasi masalah kesuburan pria. Menurut riset, pria yang menjadi responden dalam penelitian mengalami peningkatan jumlah sperma, air mani, bahkan kualitas sperma lebih baik dari sebelumnya. 3. Meningkatkan energi

Pasak bumi dapat meningkatkan aliran darah ke penis, mengatasi disfungsi ereksi, sekaligus membantu meningkatkan produksi sperma dan memperbaiki kualitasnya. Hal tersebut juga membuat vitalitas pria semakin meningkat sehingga bisa lebih tahan lama diatas ranjang.


4. Menurunkan stress

Riset dalam dalam Journal of the Interational Society of Sports Nutrition telah membuktikan manfaat pasak bumi dalam menurunkan stres. Dalam riset, terbukti bahwa sebanyak 63 orang yang mengonsumsi suplemen herbal ini memiliki tingkat stres yang lebih stabil. Hal tersebut terjadi karena pasak bumi ternyata menurunkan hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon anti-stres.


5. Membantu membentuk dan membesarkan otot

Tanaman herbal ini ternyata juga bisa membantu untuk mendapatkan otot yang besar dan berbentuk. Pasalnya, pasak bumi dapat meningkatkan energi, vitalitas, dan kekuatan fisik pria, sehingga lebih mudah untuk Anda mendapatkan otot yang kuat, besar, serta terbentuk. Meski begitu, Anda tetap harus melakukan olahraga berat serta menerapkan pola makan yang sehat. Riset yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine juga mengungkapkan kalau konsumsi 100 miligram ekstrak pasak bumi per hari, selama 5 minggu berturut-turut, dapat meningkatkan massa otot para atlet yang sedang menjalani training. 6. Meningkatkan libido

Penelitian yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Sciences, University of Science Malaysia, menemukan bahwa tumbuhan ini berhasil meningkatkan libido pada pria, bahkan tanpa perlu rangsangan seksual secara fisik.


7. Mencegah penurunan testosterone

Riset membuktikan bahwa konsumsi pasak bumi sebanyak 200 miligram per hari, bisa mencegah penurunan testosteron pada pria yang dewasa. Penurunan testosteron adalah salah satu hal yang akan dialami pria ketika ia bertambah usia dan kondisi ini akan memengaruhi kehidupan seksualnya.


Efek samping

Melansir laman SehatQ, mengonsonsumsi pasak bumi dalam jumlah terbatas dinilai masih aman untuk kesehatan. Namun, penggunaan berlebih dan jangka panjang tidak disarankan, karena berpotensi menimbulkan efek tertentu. Beberapa suplemen pasak bumi telah terbukti ada yang terkontaminasi oleh merkuri. Sehingga, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan suplemen yang telah terbukti aman dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

23 views
  • SOSMED-01
  • SOSMED-02